Rabu, 16 Januari 2013

Cara Setting Domain Server

Expert Experience - Sudah dua minggu ini saya berada di Cirebon untuk melaksanakan Prakerin di dunia Industri. Hari ini saya di tempatkan di bagian SIM RS dan kebetulan mas pembimbingnya sedang mensetting domain pada server. Dengan senang hati ia membagikan ilmunya kepada saya dan saya akan share ilmunya di sini. Ilmu yang dibahas ialah tentang setting domain Windows Server 2008.

  1. Jika anda pernah menyetting domain controller pada Windows Server 2000 dan 2003, maka anda tidak akan asing pada yang namanya perintah dcpromo.exe, pada windows server 2008 juga kita akan menggunakan perintah ini untuk membuat domain.

    Untuk mengaktifkan perintahnya, klik START > RUN > lalu ketikkan perintah dcpromo.exe > OK
  2. Sistem akan mngecek apakah Active Directory Domain Services (AD DS) telah terinstall atau tidak, jika tidak sistem akan menginstallnya otomatis.

     
  3. Active Directory Domain Service akan muncul setelah proses di atas. Setelah itu, Uncheck 'use advance mode instalation'.

  4. Setelah itu, akan muncul pesan Operating System Compatibility luangkan beberapa saat untuk membacanya dan kemudian klik next.

  5. Setelah itu, pilih  "Create a new domain in a new forest" dan klik Next.

  6.  Masukan nama domain yang anda inginkan misalkan "elmajdal.net" (ane ngasal nih) di dalam text box.

  7. Pada Aditional Domain Controller Option, anda bisa memilih untuk menginstall Domain Name Service.

    Catatan : domain controler pertama dalam jaringan harus Global Catalog. Itulah kenapa check box di samping Global Catalog tidak dapat diubah. Checkbox telah terinstall secara manual saat anda menginstall domain controller.

  8. Jika muncul pesan eror yang mengatakan bahwa anda harus membuat DNS secara manual, maka klik saja yes.

  9. Sekarang saatnya anda menentukan di manakah anda akan menyimpan domain database, log file, dan SYSVOL. Database menyimpan user, komputer, dan objek lainnya pada jaringan. Log files adalah catatan aktifitas yang berkaitan dengan AD DS seperti informasi dan lain - lain. SYSVOL menyimpan Group Policy dan script, secara default SYSVOL ialah bagian dari OS.

  10. Pada Directory Services Restore Mode Administrator Password (DSRM), masukkan password dan konfirmasikan. Password ini digunakan saat domain controller memulai restore mode, yang akan mengakibatkan Active Directory Domain Services akan berhenti, atau untuk kegiatan offline.  
    PASTIKAN ANDA MENGINGAT PASSWORD INI KARENA BANYAK ADMIN YANG LUPA PASSWORD INI SAAT MEREKA BUTUH


  11. Selanjutnya akan muncul menu Summary. Summary akan menunjukkan semua setting yang telah dibuat. Klik Export untuk save file.

  12. Selanjutnya, sistem akan menerapkan setting.

       
  13. Tunggu proses di atas hingga muncul pesan bahwa Active Domain Directory Services selesai dilaksanakan klik finnish.

  14. Setelah itu Restart server anda. Setelah server direstart, klik  Start > Administrative Tools. Maka anda akan menemukan tool ini :
    • Active Directory Domain and Trust
    • Active Directory Sites and Services
    • Active Directory User and Computers
    • ADSI Edit
    • DNS
 

Sekian artikel saya mengenai Setting Domain Server yang telah say pelajari dar Prakerin tadi. Saya ucapkan terima kasih pada pembaca sekalian telah mau membaca artikel saya yang masih newbie ini. Wassalam.

Ditulis Oleh : Unknown // 01.08
Kategori:

8 komentar:

  1. thankz soub saya jd tw ckg..
    Thankz udh shre sngt brmanfaat.
    Klw ad wktu luang mmpir yg di blogku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip saya bakal share ilmu yang sata dapet dari Prakerin yang sedang saya jalani di blog ini...

      ok nanti saya mampir ke blogmu...

      Hapus
  2. artikelnya sngat membantu kawan !!!

    http://agusgagah.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. trima kasi gan atas share ilmunya... ini sangat membantu bagi ane...

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya, apakah anda ingin berkomentar?

 
Diberdayakan oleh Blogger.