Minggu, 13 Januari 2013

Sistem Informasi Management (SIM)



Expert Experience - SIM adalah suatu sistem komputerisasi pada sebuah perusahaan atau instansi yang bertujuan untuk memudahkan mengirimkan informasi dari suatu bagian ke bagian lainnya. Tujuan umum dari SIM ini ialah untuk menyediakan informasi yang digunakan untuk perhitungan, perencanaan, pengendalian, evaluasi, dan informasi untuk pengambilan keputusan.

Dalam suatu kegiatan SIM, ada yang disebut dengan Operator, User, dan Admin. User adalah karyawan pada suatu perusahaan atau instansi tersebut. Operator adalah orang yang bertugas untuk mengajarkan penginputan data kepada user. Dan admin ialah orang yang bertugas di ruangan Server. Oh ya, ada satu bagian lagi yang tidak saya sebutkan, dia ialah Programer. Programer di sini bertugas untuk membuat Applikasi untuk SIM dan juga bertugas mengawasi ruang Server.

SIM merupakan bagian dari sistem informasi :

  1. Sistem informasi akuntansi (accounting information systems), menyediakan informasi dan transaksi keuangan.
  2. Sistem informasi pemasaran (marketing information systems), menyediakan informasi untuk penjualan, promosi penjualan, kegiatan-kegiatan pemasaran, kegiatan-kegiatan penelitian pasar dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pemasaran.
  3. Sistem informasi manajemen persediaan (inventory management information systems).
  4. Sistem informasi personalia (personal information systems).
  5. Sistem informasi distribusi (distribution information systems).
  6. Sistem informasi pembelian (purchasing information systems).
  7. Sistem informasi kekayaan (treasury information systems).
  8. Sistem informasi analisis kredit (credit analysis information systems).
  9. Sistem informasi penelitian dan pengembangan (research and development information systems).
  10. Sistem informasi analisis software
  11. Sistem informasi teknik (engineering information systems).
  12. Sistem informasi Rumah Sakit (Hospital information systems).

Tak ada gading yang tak retak, Sistem ini pun masih memiliki kendala. Banyak hal - hal yang tidak terduga dalam Ssistem ini. Beberapa masalah itu telah saya simpulkan menjadi beberapa macam ;

  1. Router/Switch tersambar oleh petir, hal ini mungkin saja terjadi apa lagi jika switch/router dipasang di luar ruangan seperti di koridor. Hal semacam ini dapat diantisipasi dengan memasang switch/router di dalam ruangan atau jika tidak memungkinkan, pasang anti petir di sekitar switch/router.
  2. Banyak eror pada hardware, hal ini sering terjadi jika PC/Server tidak terurus. PC/Server yang tidak terurus dapat menyebabkan kerusakan pada hardware terutama pada bagian LAN Card. LAN Card jika tetap diaktifkan tanpa pernah dipakai akan menyebabkan kerusakan. Solusinya, pasan LAN Card dedicate. Jika masih tetap eror, ganti motherboardnya.
  3. Overheating (terlalu panas), kondisi ruangan Server/PC yang terlalu panas akan menyebabkan overheating. Solusi, tambahkan kipas CPU atau pasang AC (Air Conditioner) di dalam ruangan dan set di suhu 18-20 derajat karena jika kurang dari itu, ruangan akan menjadi basah dan tidak nyaman.
  4. User banyak yang tidak paham, masalah klasik banyak masalah terjadi di sini. User yang tidak paham akan komputer akan menjadi faktor yang paling menghambat dalam proses SIM. Solusinya, operator harus bisa bersosialisasi.

Mengingat sumber daya manusia Indonesia yang tidak semuanya memiliki rasa haus akan teknologi, Sistem ini masih  dipertimbangkan. Namun, di zaman ini setiap instansi maupun perusahaan telah ditanamkan sistem ini karena demi kemajuan dan kemakmuran negara Indonesia. Demikianlah pengenalan artikel SIM (Sistem Informasi Manajemamen) semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah membaca.

Ditulis Oleh : Unknown // 03.12
Kategori:

5 komentar:

  1. persis yang ane alamin nih gan XD

    BalasHapus
  2. wah nice post gan..
    o iya blog nya sudah saya follow harap follback yak

    BalasHapus
  3. ok terima kasih...
    nanti saya follow back!
    sering2 kumpul di sini ya saya update 2 kali seminggu

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya, apakah anda ingin berkomentar?

 
Diberdayakan oleh Blogger.